MODUL AJAR PAI KELAS 4 |
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 1
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 2
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 3
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 4
- MODUL AJAR PAI KELAS 4 BAB 5
MODUL
AJAR PAI DAN BUDI PEKERTI
I.
INFORMASI UMUM
A. IDENTITAS
MODUL
Nama Penyusun :
Asep Saepulah, S.Pd.I
Nama
Sekolah : SDN Pesantren
Tahun
Penyusunan : 2022
Modul Ajar : PAIdBP
Fase/Kelas : B/IV
Alokasi
Waktu : 8 JP x 35 menit
(3 Pertemuan)
B. KOMPETENSI
AWAL
1.
Peserta
didik dapat mengetahui dan memahami hijrah Rasulullah saw. ke madinah.
C. PROFIL
PELAJAR PANCASILA
Pada
kegiatan pembelajaran ini akan dilatihkan dimensi profil pelajar pancasila
tentang:
1.
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan cara melatih
peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar.
2.
Berkebinekaan
global dengan cara melatih peserta didik tidak membeda-bedakan teman ketika
pembentukan kelompok diskusi atau praktikum.
3.
Mandiri
dengan cara sadar diri dan tidak ketergantungan pada teman saat melaksanakan
kegiatan pembelajaran.
4.
Bergotong
royong dengan cara melatih peserta didik untuk saling membantu bekerjasama
dalam kelompok saat melaksanakan kegiatan praktikum, diskusi, maupun presentasi
hasil kerja kelompok.
5.
Bernalar
kritis dengan cara melatih peserta didik dengan pertanyaan-pertanyaan dalam
peristiwa kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan topik materi.
6.
Kreatif
dengan cara melatih peserta didik berinovasi dalam mengajukan ide yang
berhubungan dengan topik materi.
D. SARANA DAN
PRASARANA/ALAT DAN BAHAN
1.
Ruang Kelas
2.
Alat dan
Bahan :
a.
Gambar
untuk metode picture and picture
b.
Paparan
kisah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah (berbasis ICT, poster)
c.
LCD
Projector
d.
Laptop
3.
Materi dan
Sumber Bahan Ajar :
a.
Buku
Pendidikan Agama Islam Kelas 4 Kemendikbud RI tahun 2021
b.
Buku
“Membaca Sirah Nabi Muhammad saw.” (M.Quraish Shihab)
E. TARGET
PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler (bukan berkebutuhan khusus)
F. Model
Pembelajaran
1.
Tatap Muka
II.
KOMPETENSI INTI
A. Tujuan
Pembelajaran
Dengan melakukan kegiatan
mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan, peserta didik
mampu:
1.
Menjelaskan
sebab-sebab Nabi Muhammad saw. hijrah ke Madinah.
2.
Menceritakan
kisah perjalanan hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah.
3.
Membuat
alur cerita kisah perjalanan hijrah melalui gambar dan keterangan sederhana.
4.
Menyimpulkan
pelajaran di balik hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah.
5.
Meneladani
perjuangan Nabi Muhammad saw. dan para sahabat.
6.
Membiasakan
sikap percaya diri, teguh pendirian dan bertanggunjawab.
7.
Meyakini
kebenaran kisah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah.
B.
Capaian
Pembelajaran:
1.
Menceritakan
kondisi Arab pra Islam, masa kanak-kanak dan remaja Nabi Muhammad saw. hingga
diutus menjadi rasul, berdakwah, hijrah dan membangun Kota Madinah.
C. Pemahaman
Bermakna
1.
Meneladani
perjuangan Nabi Muhammad saw. dan para sahabat serta membiasakan sikap percaya
diri, teguh pendirian dan bertanggung jawab.
D. Pertanyaan Pemantik
1.
Pernahkah
kalian pindah sekolah? Atau punya teman yang pindah sekolah, seperti anak pada
gambar tersebut?
2.
Tahukah
kalian peristiwa perjalanan hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah? Bagaimana
strategi Nabi saw. agar dapat selamat sampai di Madinah? Siapa saja orang-orang
yang menemani Nabi saw dalam perjalanan
ke Madinah? Apa saja peristiwa yang terjadi selama dalam perjalanan? Bagaiman sambutan penduduk Madinah menyambut
kedatangan Nabi saw..?
3.
Tahukah
kalian hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah?
E. Persiapan
Pembelajaran
1. Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti Media
Ajar guru Indonesia , menyiapkan lembar kerja peserta didik, dsb.
2. Guru mengingatkan peserta didik untuk mempersiapkan
buku teks, laptop, alat dan bahan yang dibutuhkan.
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar,
mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta
menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2.
Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan
dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu
kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan
Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3.
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan
menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang
akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta
didik mengamati Gambar 5.3. 2.
Guru
menjelaskan tentang sebab-sebab Nabi saw. hijrah ke Madinah dalam buku siswa. 3.
Peserta
didik membaca materi pelajaran secara mandiri untuk memahami dan
menguasainya. 4.
Peserta
didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 2-3 anggota. 5.
Setiap
kelompok menulis 5 pertanyaan tentang arti hijrah dan sebab-sebab Nabi saw.
hijrah ke Madinah, lalu pertanyaan-pertanyaan tersebut ditukar antar kelompok
sesuai petunjuk guru pada rubrik Aktivitas Kelompok. 6.
Peserta
didik saling bertukar pertanyaan dengan tujuan agar peserta didik terampil
bertanya, menjawab pertanyaan dan mengkomunikasikan hasil perkerjaannya
kepada teman-temannya. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta
didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad saw. 3.
Mengagendakan
pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan
materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya yaitu tentang kisah
hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah. 5.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
Pertemuan Kedua (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar,
mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta
menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2.
Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan
dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu
kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan
Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3.
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan
menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang
akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta
didik membaca alur cerita kisah perjalanan hijrah Nabi saw. dari huruf a
sampai g pada buku siswa. 2.
Peserta
didik menemukan intisari cerita dalam setiap sub judul kisah perjalanan Nabi
Muhammad saw. hijrah ke Madinah pada rubrik Aktivitasku. 3.
Guru dan
peserta didik melantunkan nasyid pada huruf g (Nabi Muhammad saw. tiba di
Madinah) dalam rubrik Ayo Bernasyid Bersama. 4.
Peserta
didik membentuk kelompok yang terdiri dari 2 atau 3 anak. 5.
Guru
memberikan lembar kerja berupa paragraf kisah hijrah Nabi saw. (huruf a
sampai g) yang kalimatnya belum lengkap, lalu peserta didik berdiskusi untuk
melengkapi paragraf sesuai materi pada buku siswa. 6.
Peserta
didik membentuk kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 anak. 7.
Peserta
didik secara berkelompok membuat cerita gambar (cergam), tiap kelompok
membuat alur cerita hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah sesuai petunjuk di
buku siswa pada rubrik Aktivitas Kelompok. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta
didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang kisah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah. 3.
Mengagendakan
pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan
materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya tentang hikmah hijrah
Nabi Muhammad saw. 5.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
Pertemuan Ketiga (4 JP x 35 menit)
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan 1.
Guru memberi salam, menyapa peserta didik (menanyakan kabar,
mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, dan lain-lain), serta
menyemangati peserta didik dengan tepukan, atau bernyanyi. 2.
Salah satu peserta didik memimpin pembacaan doa dilanjutkan
dengan penegasan oleh guru tentang pentingnya berdoa sebelum memulai suatu
kegiatan dalam rangka menanamkan keyakinan yang kuat terhadap kuasa Tuhan
Yang Maha Esa dalam memahami ilmu yang dipelajari. 3.
Guru
bertanya kepada peserta didik tentang kondisi siswa pada pagi hari ini. 4.
Guru
mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan awal. 5.
Guru menyampaikan tujuan kegiatan pembelajaran kali ini dan
menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan serta hal-hal apa saja yang
akan dinilai dari peserta didik selama proses pembelajaran. |
20 menit |
Kegiatan Inti 1.
Peserta
didik membaca materi tentang hikmah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah di
buku siswa, lalu guru menguatkan materi dengan penjelasan dan tanya jawab. 2.
Peserta
didik dibagi dalam kelompok dengan 4 anggota. 3.
Peserta
didik secara berkelompok mencari hikmah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah.
4.
Setiap
kelompok diberi tugas menemukan pelajaran atau hikmah hijrah dan cara meneladaninya sesuai petunjuk di
buku siswa pada rubrik Aktivitas Kelompok. 5.
Peserta
didik menemukan 3 cara meneladani kisah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah
berdasar teladan yang telah ditemukan pada kerja kelompok dalam buku siswa
pada rubrik Aktivitasku. |
100 menit |
Kegiatan Penutup Penyimpulan: 1.
Peserta
didik membuat resume tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang telah dilakukan. 2.
Guru dan peserta didik menyimpulkan tentang hikmah hijrah Nabi Muhammad saw. 3.
Mengagendakan
pekerjaan rumah. 4.
Mengagendakan
materi yang harus dipelajari pada pertemuan berikutnya. 5.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu, Nasional/Daerah
dilanjutkan dengan doa, mengucapkan salam. |
20 menit |
G. Asesmen
No |
Jenis Asesmen |
Bentuk Asesmen |
1.
|
Diagnostik |
·
Pertanyaan
pemantik sebelum pembelajaran dimulai. ·
Tanya
jawab sebagai tindak lanjut. |
2.
|
Formatif |
Penilaian
proses, observasi sikap, performa berupa presentasi dan pameran hasil karya,
keterampilan dan pengetahuan selama peserta didik mengetahui kisah hijrah
Nabi Muhammad saw. ke Madinah. |
3.
|
Sumatif |
Tertulis (uraian) |
H. Kegiatan
Remedial dan Pengayaan
1.
Kegiatan
remedial:
Peserta didik yang
hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan materi dengan
pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk
memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.
2.
Kegiatan
pengayaan:
Peserta didik yang daya
tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan
kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap
materi yang telah dipelajari.
I.
Refleksi Guru
1.
Refleksi
Peserta Didik
Pertanyaan refleksi |
☺ |
😐 |
☹ |
Sudahkah kalian mengetahui sebab-sebab Nabi
Muhammad saw. hijrah ke Madinah |
|
|
|
Apakah kalian tahu kisah peristiwa hijrah Nabi Muhammad ke Madinah |
|
|
|
Sudahkah kalian mengetahui hikmah hijrah
Nabi Muhammad saw. ke Madinah. |
|
|
|
Apakah kamu menyukai kegiatan pembelajaran hari
ini |
|
|
|
Bagian mana yang paling kamu sukai? |
|||
Apa yang tidak kamu sukai selama kegiatan
pembelajaran hari ini? |
2.
Refleksi
Guru
Pertanyaan refleksi |
Apa yang bisa diperbaiki dari seluruh
kegiatan ini? |
Apabila bisa diulang apa yang akan
dilakukan untuk membuat pembelajaran lebih baik? |
Bagaimana keterlibatan peserta didik? |
Apa saja kesulitan yang dialami oleh peserta
didik? |
III.
LAMPIRAN
A. Penilaian
1. Penilaian
Diagnostik
a.
Diagnostik
Non Kognitif
Asesmen diagnostik non kognitif di
awal pembelajaran dilakukan untuk menggali hal-hal meliputi kesejahteraan
psikologi peserta didik, sosial emosi, aktivitas peserta didik selama belajar
di rumah, kondisi keluarga, dan pergaulan peserta didik, gaya belajar,
karakter, dan minat siswa.
No |
Pertanyaan |
Pilihan Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
||
1.
|
Apa kabar hari ini? |
|
|
2.
|
Apakah ada yang sakit hari ini? |
|
|
3.
|
Apakah kalian dalam keadaan
sehat? |
|
|
4.
|
Apakah anak-anak merasa
bersemangat hari ini? |
|
|
5.
|
Apakah anak-anak sudah makan? |
|
|
6.
|
Apakah tadi malam sudah belajar? |
|
|
b.
Diagnostik Kognitif
1.
Pernahkah
kalian pindah sekolah? Atau punya teman yang pindah sekolah, seperti anak pada
gambar tersebut?
2.
Tahukah
kalian peristiwa perjalanan hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah? Bagaimana
strategi Nabi saw. agar dapat selamat sampai di Madinah? Siapa saja orang-orang
yang menemani Nabi saw dalam perjalanan
ke Madinah? Apa saja peristiwa yang terjadi selama dalam perjalanan? Bagaiman sambutan penduduk Madinah menyambut
kedatangan Nabi saw..?
3.
Tahukah
kalian hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah?
2. Penilaian
Formatif
a.
Instrumen
Penilaian Sikap
1)
Sikap Spiritual
Teknik Penilaian : Penilaian diri
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Aku meyakini kebenaran kisah hijrah
Nabi Muhammad saw. ke Madinah. |
|
|
|
|
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Temanku meyakini kebenaran kisah
hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah. |
|
|
|
|
Keterangan
SL =
Selalu : sangat baik
SR =
Sering : baik
KD =
Kadang-kadang : cukup
TP =
Tidak Pernah : perlu bimbingan
2)
Sikap Sosial
Teknik Penilaian : Penilaian diri
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Aku membiasakan sikap percaya diri,
teguh pendirian dan bertanggung jawab serta meneladani sikap rela berkorban
dan persaudaraan kaum muslimin Makkah dan Madinah. |
|
|
|
|
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
SL |
SR |
KD |
TP |
1. |
Temanku membiasakan sikap percaya diri,
teguh pendirian dan bertanggung jawab serta meneladani sikap rela berkorban
dan persaudaraan kaum muslimin Makkah dan Madinah. |
|
|
|
|
Keterangan
SL =
Selalu : sangat baik
SR =
Sering : baik
KD =
Kadang-kadang : cukup
TP =
Tidak Pernah : perlu bimbingan
b.
Penilaian
Keterampilan
Nama Peserta
didik : ....................
No. |
Indikator |
4 |
3 |
2 |
1 |
0 |
1. |
Melantunkan
nasyid |
|
|
|
|
|
2. |
Membuat
cerita gambar (cergam) |
|
|
|
|
|
Skor 4 diberikan apabila peserta didik
memenuhi empat kriteria.
·
Skor 3 diberikan apabila peserta didik memenuhi tiga
kriteria.
·
Skor 2 diberikan apabila peserta didik memenuhi dua
kriteria.
·
Skor 1 diberikan apabila peserta didik memenuhi satu
kriteria.
·
Skor 0 diberikan apabila peserta didik tidak mampu
memenuhi kriteria sama sekali.
Contoh kriteria: benar dan jelas.
Catatan: Guru dapat memilih teknik dan strategi untuk
mengembangkan instrumen penilaian sendiri.
c.
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
Aktivitas Pembelajaran 1 :
Panduan
penilaian kerja Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
||
Ketertiban |
Kekompakan |
Performance |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
4 |
Sangat Baik |
Semua anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
2 |
3 |
Baik |
Sebagian besar anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
3 |
2 |
Cukup |
Separuh anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
4 |
1 |
Kurang |
Sebagian kecil anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
Nilai Akhir
: Jumlah skor yang diperoleh x100
12
Penilaian
Hasil Kerja Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek penilaian |
Jumlah Nilai |
|
Redaksi pertanyaan |
Ketepatan jawaban |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
8 |
Sangat baik |
Semua jawaban benar/tepat,
menarik |
2 |
6 |
Baik |
Sebagian besar jawaban benar,
menarik |
3 |
4 |
Cukup |
Separuh jawaban benar, menarik |
4 |
2 |
Kurang |
Sebagian kecil jawaban benar,
menarik |
Nilai
Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
16
Aktivitas Pembelajaran 2 :
Menemukan intisari cerita
Contoh jawaban
a.
Kaum
musyrik ingin membunuh Nabi Muhammad saw., Ali bin Abi thalib menempati tempat
tidur Nabi ketika beliau berangkat hijrah.
b.
Nabi
Muhammad saw. datang ke rumah Abu Bakar untuk memberitahu perintah hijrah.
c.
Perjalanan
diawali menuju Gua Ṡūr, Nabi Muhammad saw. sangat mencintai tanah kelahirannya
kota Makkah.
d.
Nabi
Muhammad saw. dan Abu bakar menginap tiga hari di Gua Ṡūr, Para pemuda Quraisy
tidak berhasil menemukan beliau berdua.
e.
Nabi
Muhammad saw. dan rombongan berangkat ke Madinah melewati laut Merah.
f.
Nabi
Muhammad saw. dan rombongan tiba di Quba, Nabi saw. mendirikan salat Jum’at
pertama.
g.
Nabi
Muhammad saw. dan rombongan tiba di kota Madinah disambut dengan penuh gembira,
semua warga ingin Nabi saw. tinggal di rumahnya.
Setiap
jawaban memiliki skor 10
Pedoman skor
Skor yang diperoleh
x100
70
Penilaian
kinerja kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
|
Redaksi pertanyaan |
Ketepatan jawaban |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
8 |
Sangat Baik |
Semua jawaban benar/tepat, menarik. |
2 |
6 |
Baik |
Sebagian besar jawaban benar, menarik. |
3 |
4 |
Cukup |
Separuh jawaban benar, menarik |
4 |
2 |
Kurang |
Sebagian kecil jawaban benar, menarik. |
Nilai Akhir
: Jumlah skor yang diperoleh x100
12
Penilaian
Hasil Kerja Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
|
Ketepatan jawaban berdasar materi pelajaran |
Estetika (nilai seni) pajangan |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
8 |
Sangat baik |
Semua jawaban benar/tepat,
menarik |
2 |
6 |
Baik |
Sebagian besar jawaban benar,
menarik |
3 |
4 |
Cukup |
Separuh jawaban benar, menarik |
4 |
2 |
Kurang |
Sebagian kecil jawaban benar,
menarik |
Nilai
Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
16
Aktivitas Pembelajaran 3 :
Panduan
penilaian kerja kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
||
Ketertiban |
Kekompakan |
Performance |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
4 |
Sangat Baik |
Semua anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
2 |
3 |
Baik |
Sebagian besar anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
3 |
2 |
Cukup |
Separuh anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
4 |
1 |
Kurang |
Sebagian kecil anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
Nilai Akhir
: Jumlah skor yang diperoleh x100
12
Penilaian
hasil kerja kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Jumlah Nilai |
|
Redaksi pertanyaan |
Ketepatan jawaban |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
8 |
Sangat Baik |
Semua jawaban benar/tepat, menarik. |
2 |
6 |
Baik |
Sebagian besar jawaban benar, menarik. |
3 |
4 |
Cukup |
Separuh jawaban benar, menarik |
4 |
2 |
Kurang |
Sebagian kecil jawaban benar, menarik. |
Nilai Akhir
: Jumlah skor yang diperoleh x100
16
Peserta didik
menyelesaikan tugas menemukan 4 cara meneladani kisah hijrah Nabi saw. ke
Madinah.
Pedoman penilaian
No |
Teladan |
Cara meneladani |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
ü
Kolom
teladan diisi berdasar temuan pada hasil kerja kelompok
ü
Skor
setiap jawaban pada uraian cara meneladani maksimal 10
ü
Jumlah
skor maksimal : 40
Nilai Akhir : Jumlah
skor yang diperoleh x100
16
3. Penilaian
Sumatif
Soal uraian
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1.
Apa yang
dimaksud dengan hijrah?
2.
Apa saja
yang menyebabkan Nabi Muhammad saw. hijrah ke Madinah?
3.
Apa yang
dilakukan oleh kaum musyrik Quraisy untuk mencelakai Nabi Muhammad saw.!
4.
Mengapa
para pemuda pilihan kaum musyrik gagal mencelakai Nabi Muhammad saw. dan Abu
Bakar di gua Ṡūr?
5.
Nabi
Muhammad saw. berbisik kepada Abu Bakar di kala khawatir waktu bersembunyi di
gua Ṡūr
لَاتَحْزَنْ اِنَّ اللَّهَ مَعَنَا
Artikan kalimat tersebut ke Bahasa
Indonesia!
6.
Mengapa
Asma putri Abu Bakar r.a. mendapat gelar Żāt an-Niṭāqain?
7.
Apa
strategi Nabi Muhammad saw. dalam perjalanan ke Madinah agar selamat?
8.
Bagaimana
penduduk Madinah menyambut kedatangan Nabi Muhammad saw.?
9.
Siapa saja
orang yang berperan dalam hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah dan jelaskan
pula tugas masing-masing!
10. Jelaskan 2 hikmah di balik peristiwa hijrah?
Kunci
Jawaban
A.
Uraian
Pedoman
skor
No |
Jawaban |
Skor |
1 |
Hijrah ialah perpindahan Nabi
Muhammad saw. bersama sebagian pengikutnya dari Makkah ke Madinah untuk
menyelamatkan diri dari tekanan kaum kafir Quraisy Makkah |
6 |
2 |
Sebab-sebab nabi Muhammad saw.
Hijrah 1.
Dakwah
Rasulullah saw. di Makkah tidak berkembang karena penolakan orang Kafir
Quraisy. 2.
Peristiwa
Baiat ‘Aqabah serta permintaan penduduk Madinah agar Nabi Muhammad saw. tinggal
bersama mereka dan membantu untuk berdakwah. 3.
Perintah
Allah Swt.untuk berhijrah sudah turun. |
12 |
3 |
Mereka memilih dari setiap
kelompok kaum musyrik pemuda-pemuda yang Tangguh, lalu bersama-sama membunuh
Nabi saw. sehingga tanggung jawab pembunuhan tidak hanya dipikul oleh satu
atau dua suku dan dengan demikian keluarga besar Nabi saw. tidak akan mampu
melawan. |
6 |
4 |
Sebab mereka melihat “ada sarang
laba-laba di tempat itu, yang memang sudah ada sejak sebelum Muhammad lahir,”
Jawabnya. “saya lihat ada dua ekor burung dara hutan di lubang gua itu. Jadi
saya mengetahui tak ada orang di sana.” Orang Quraisy makin yakin bahwa dalam
gua itu tak ada manusia tatkala dilihatnya ada cabang pohon yang terkulai di
mulut gua |
6 |
5 |
Jangan engkau bersedih! Sesungguhnya
Allah Bersama kita. |
|
6 |
Karena dia memotong ikat
pinggangnya. Sepotong digunakan mengikat bekal dan lainnya digunakan sendiri
mengikat pinggangnya. |
5 |
7 |
Nabi Muhammad saw. dan rombongan
berangkat menuju Madinah menelusuri pantai Laut Merah, mengambil jalur yang
berbeda dengan yang biasa ditempuh kafila-kafilah yang menuju Madinah. |
5 |
8 |
Nabi Muhammad saw. dan rombongan
disambut dengan sangat meriah di jalan atau dari atas rumah-rumah.
Masyarakat, termasuk wanita-wanita mengelu-elukan beliau dengan kalimat dan
syair-syair pujian yang mengharukan. |
5 |
9 |
1.
Abu Bakar
ra.sebagai teman perjalanan. 2.
Abdullah
sebagai penyampai informasi perkembangan keadaan Makkah. 3.
Asma
sebagai pembawa bekal. 4.
Amir bin
Fuhairah sebagai penggembala kambing 5.
Abdullah
bin Uraiqiṭ, sebagai penunjuk jalan |
10 |
10 |
Hikmah hijrah Nabi Muhammad saw.
ke Madinah: 1.
Mampu
menempatkan antara usaha dan pasrah kepada Allah Swt. 2.
Perlu
keterlibatan semua pihak untuk mencapai tujuan. |
5 |
Jumlah |
60 |
Nilai Akhir : Jumlah
skor yang diperoleh x100
60
B.
Lembar Kerja Peserta
Didik
Lembar kerja
membuat cerita
Nama :
Kelas :
No.Absen :
Coba amati
gambar berikut ini.
Isi cerita
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
C. Bahan
Bacaan Guru dan Peserta Didik
1.
Bahan
Bacaan Guru
·
Buku PAI
yang relevan dengan materi pembelajaran Hijrah Rasulullah saw. ke Madinah.
·
Buku
“Membaca Sirah Nabi Muhammad saw.” (M.Quraish Shihab)
2.
Bahan
Bacaan Siswa
·
Paparan
kisah hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah (berbasis ICT, poster)
D.
GLOSARIUM
·
Hijrah : perpindahan Nabi Muhammad saw.
bersama sebagian pengikutnya dari Makkah ke Madinah untuk menyelamatkan diri
dari tekanan kaum kafir Quraisy Makkah.
·
Madinah : kota suci kedua umat Islam setelah
Makkah.
·
Makkah : kota paling suci bagi umat Islam,
tempat berdirinya ka’bah dan Masjidilharam, tujuan utama umat Islam dalam
ibadah haji dan umrah.
E.
DAFTAR PUSTAKA
·
Faozan,
Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
·
Faozan,
Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan
Teknologi.